PJTV Bandung Official Website
Komunitas
Sobat Budaya Komunitas Muda Pelestari Budaya

Oleh Didit Yuniantoro | Senin, 12 Januari 2015 13:15 WIB | 1.268 Views
Sobat Budaya Komunitas Muda Pelestari Budaya

Sobat Budaya adalah sebuah komunitas yang melestarikan pendokumentasian budaya-budaya yang ada di Indonesia. Tujuan dari dibentuknya Sobat Budaya ini agar budaya yang ada di Indonesia bisa didata agar mendapat pengakuan Internasional dan tidak di klaim oleh negara lain seperti beberapa kasus yang pernah terjadi sebelumnya.

Saat ini sobat budaya tersebar di seluruh Indonesia dengan total ada 39  komunitas di daerah-daerah. seperti sobat budaya Makasar, Solo, Sukoharjo dan yang lain. Komunitas sobat budaya kemudian menjadi yayasan. Pada tanggal 4 Juli 2014 resmi didirikan. Yayasan sobat budaya membawahi berbagai komunitas sobat budaya yang tersebar diberbagai wilayah di Indonesia.
Data budaya bisa kita nikmati di www.budaya-indonesia.org yang berisi pendataan aneka kekayaan budaya Indonesia. Tak hanya bisa menikmati, kita pun bisa turut berpartisipasi dalammendokumentasikan budaya.

Salah satu hasil dari pendapatan yang dilakukan oleh sobat budaya dan pembinanya, Hokky Situngkir, adalah saat pendataan batik, data batik tersebut mencapai 5000 lebih. Batik juga ternyata mempunyai DNA. Ada sebuah teknologoi untuk mengetahui dari mana batik tersebut berasal. Seperti perbedaan antara batik Gorontalo dan batik Sumedang. Lewat Hokky Situngkir inilah kemudian dicanangkan hasil batik Nasional.
Tak disangka, jaman terus berkembang dengan berbagai rentetan teknologi baru. Masyarakat termasuk anak muda tentu ikut dalam menggunakan teknologi yang ada. Hal ini tidak menyurutkan langkah dalam melestarikan kebudayaan. Justru teknologi dapat membantu kita untuk  ikut berpartisipasi mengupayakan kelestarian budaya dari generasi kle generasi. Contohnya adalah website pendokumentasian budaya ini. Masyarakat bisa mengakses dan mengeksplorasi kekayaan budaya hanya dalam satu genggaman.

Dengan pendokumentasian budaya, kita bisa mendapatkan beberapa manfaat. Pertama, menyuburkan ekonomi kreatif. Budaya yang sudah terdokumentasi bisa menjadi inspirasi bagi produsen. Kedua, membuat budaya Indonesia untuk selamat dari klaim pihak yang tidak bertanggung jawab. Bukti-bukti yang nyata telah terdokumentasikan secara resmidalam website budaya. Terakhir, hal ini memudahkan sains untuk bekerja. Ilmu Pengetahuan akan bisa mendekode apa yang diwariskan melalui aspek-aspek kebudayaan.
 


Saksikan berita-berita aktual seputar Bandung di Halo Bandung Pagi setiap pagi pukul 07.00 WIB hanya di PJTV 28 UHF Saratus Persen Lokal




Komunitas Lainnya
Bantu Pungut Sampah, Komunitas Asal Bandung Bawa Plastik Tapioka
Kamis, 13 November 2014 07:14 WIB
Bantu Pungut Sampah, Komunitas Asal Bandung Bawa Plastik Tapioka
Clean Action Community (CAC) Bandung juga ikut terlibat dalam membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang kawasan Bundaran HI hingga Monumen Nasional, Senin (20/10/2014). Dalam aksinya, CAC membawa kantong plastik sampah sendiri dari Bandung, Jawa Barat.





Anda dapat memberikan komentar tentang Sobat Budaya Komunitas Muda Pelestari Budaya dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar
Masukan tulisan disamping



Galeri Photo
TEMBANG-TEMBANG TOP HITS

Tembang-tembang sunda paling hits akan hadir setia menemani waktu bersantai pemirsa PJTV.